3.31.2011

Pengertian variable lokal,global,daftar parameter, fungsi dan procedure

Tugas Ke 2 algoritma ....

Pengertian variable lokal dan global
(1) Variabel lokal: adalah variabel yang hanya aktif dalam suatu fungsi atau subroutine di dalam visual basic. Caranya dituliskan secara langsu di dalam suatu fungsi satu subroutine tanpa pendefinisian atau dengan definisi variabel di dalam fungsi.
(2) Variabel global dalam form: adalah variabel yang aktif selam satu form berjalan, bila pindah ke form yag lain maka variabel ini tidak aktif. Ini dapat dilakukan dengan mendefinisikan variabel di luar subroutine, biasanya diletakkan pada baris paling atas dari suatu form. Contohnya Dim a as integer diletakkan pada baris paling atas, maka variabel a selalu aktif selama form aktif.
(3) Variabel global dalam aplikasi: adalah variabel yang aktif selama aplikasi masih aktif. Variabel ini masih aktif meskipun form yang berjalan sudah berganti. Untuk mendefinisikan variabel ini dilakukan dengan menambahkan modul dan pendefinisian dengan global.

baca sumber lengkap pada badaiardiat.blogspot.com

Pengertian parameter :
Parameter adalah data masukan untuk subprogram yang nantinya akan diproses lebih lanjut dalam subprogram tersebut. Dalam Pascal, dikenal dua macam parameter yaitu :

1) Parameter nilai (value parameter), dan

2) Parameter referensi (reference parameter).

baca sumber lengkap erikgundar.wordpress.com

pengertian fungsi :

Fungsi adalah subprogram yang menerima masukan dan mempunyai keluaran secara langsung. Cara mendeklarasikan sebuah fungsi adalah sebagai berikut :

function B : integer; { nama fungsi adalah B dengan }

begin { tipe data keluaran adalah integer }

{ statement }

B := 3; { nilai yang dikeluarkan fungsi }

end;

baca sumber lengkap erikgundar.wordpress.com

Procedure dan daftar parameter :

Prosedur adalah subprogram yang menerima masukan tetapi tidak mempunyai keluaran secara langsung. Cara mendeklarasikan sebuah prosedur adalah sebagai berikut :

procedure A; { nama prosedur adalah A }

begin

{ statement }

end;

Pendeklarasian prosedur di atas adalah untuk prosedur yang tidak memerlukan parameter. Parameter adalah data masukan untuk subprogram yang nantinya akan diproses lebih lanjut dalam subprogram tersebut. Dalam Pascal, dikenal dua macam parameter yaitu :

1) Parameter nilai (value parameter), dan

2) Parameter referensi (reference parameter).

Cara mendeklarasikan parameter tersebut adalah sebagai berikut :

procedure B(X : integer; var Y : integer);

baca sumber lengkap erikgundar.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar